• Bidang Pendidikan
Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based
Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer
dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE.
Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan
pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk
memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran
berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan
data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan,
beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang
diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa
disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction). Sebagai misal, komputer memberi
kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan
adanya perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik
(e-book). Dengan adanya Internet kita bisa mencari koleksi perpustakaan berupa
buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Bahkan
kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal
dengan elektronic learning (e-learning). Bahkan saat ini
di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat internet atau semacam
universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat buku-buku atau modul yang
disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga bisa
audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference
(teleconference).
• Bidang Industri dan Manufaktur
Di
bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesinmesin produksi
dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor)
pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),
CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain)
sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal
sebuah mesin serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam
industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan
pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini
juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu
dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin
dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan
untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer,
memasang komponen-komponen pada perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape,
dan lain sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat
berat lain telah dikontrol oleh komputer.
• Bidang Bisnis dan Perbankan
Di
bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat penting
untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan
menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system
(MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada
perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada
perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang
seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir)
yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol
oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning
barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan
sebagainya. Di bidang perbankan,
telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle, yang memberikan
solusi bagi bank yang ingin melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan,
bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya
merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.
• Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer
sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan
presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Ini biasanya
digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli biasanya akan
mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari
hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model
atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan
alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan
sebagainya.
Dalam
bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi
dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril.
Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan
kekuatan konstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk
mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
• Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di
bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali
pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol
panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer
juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun
tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
Di
bidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru
kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan simulasi
peperangan, dan melakukan pengiriman sandisandi rahasia militer.
• Bidang Kedokteran
Di
bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia, dan
riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit,
menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang
sulit dilihat.
Sistem
CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar struktur otak dan
mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan
sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic
Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut
organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography),
merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi
partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah
PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer
yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear
Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus
(pusat atom) dari atom hydrogen. Saat
ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit
sekaligus memberi obat.
• Bidang Kriminalitas
Komputer
dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem
pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan
mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran
lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya.
Sistem komputer
lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah :
· PROMIS
(Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat
memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling
penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk
dibawa ke pengadilan.
· CATCH
(Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi
mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan
tampil di layer komputer.
· MOTION
(Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan
informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data
pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
· ARJIS
(Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi
sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
• Bidang Entertainment dan Games
Saat
ini komputer tidak saja digunakan pada bidangbidang pekerjaaan dan penelitaian
saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).
Bidang
entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan
untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk
permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang
menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan
teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu
sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.
• Bidang Komunikasi Jaringan Global
(Internet)
Dengan
adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut dengan
internet, rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa “menggengam
dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis
maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks,
gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja
yang dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku dan perpustakaan,
kencan dan perjodohan, belanja atau pembayaran on-line, chatting,
memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail),
konsultasi dan Tanya jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak
komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan
sebagainya.
• Bidang Pemerintahan
Hampir
setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan komputer.
Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha,
pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data
penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government
adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara
Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian
menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen),
G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency
relationship). Bahkan saat ini dengan adanya e-government, komputer
memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi
berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar
pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi wilayah dan
pariwisata, dan sebagainya.
Dimungkinkan
bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang akan digunakan untuk
pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum (E-voting) Selain
itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada para eksekutif
dan legislative pemerintah melalui e-mail atau elektronik forum melalui web
yang dibangun pemerintah setempat.
Baca juga DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BERBAGAI BIDANG
Baca juga DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BERBAGAI BIDANG
0 komentar:
Posting Komentar